Sablon dan Prosesnya

Sablon adalah teknik cetak untuk membuat desain atau gambar pada bahan seperti kain, plastik, kertas, atau bahan lainnya. Sablon digunakan untuk membuat produk seragam, banner, kain kerah, dan banyak produk lainnya.

Proses sablon meliputi beberapa langkah:

  1. Persiapan bahan: bahan yang akan dicetak harus dipersiapkan dengan baik, seperti menempatkan bahan pada mesin sablon atau memasang klip untuk memastikan bahan tetap stabil selama proses cetak.
  2. Pembuatan film sablon: tahap ini melibatkan pembuatan film sablon dengan desain atau gambar yang diinginkan, yang kemudian akan digunakan sebagai patokan untuk menempatkan tinta pada bahan.
  3. Pembuatan palet sablon: palet sablon adalah bagian dari mesin sablon yang menempatkan tinta pada bahan. Palet sablon harus dipersiapkan dengan memasukkan tinta dan mengatur kedalaman dan jumlah tinta yang akan diterapkan pada bahan.
  4. Cetak sablon: tahap ini melibatkan penempatan film sablon pada palet sablon dan penekanan palet sablon pada bahan untuk mencetak desain atau gambar pada bahan.
  5. Pengecekan kualitas: setelah proses cetak selesai, hasil harus dicontohkan untuk memastikan bahwa hasil sesuai dengan harapan dan tidak ada cacat atau kesalahan.

Proses sablon dapat dilakukan dengan berbagai teknik, seperti sablon kaos, sablon plastisol, sablon cair, dan lain-lain, yang masing-masing memiliki kelebihan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
× Hubungi Kami